Ali Jamil Harahap, Ph.D: Dengan Sains, Pertanian Eksis saat Krisis

Direktur Jenderal PSP Kementan, Ali Jamil Harahap, Ph.D

nasional

Ali Jamil Harahap, Ph.D: Dengan Sains, Pertanian Eksis saat Krisis

Kinerja gemilang ditunjukkan Kementan dalam menghadapi dampak El-Nino dan pandemi Covid-19. Saat mayoritas sektor mengalami kelimpungan, sebaliknya, sektor pertanian justru mampu eksis bergerak produktif. Penyaluran dana KUR pun malah lampaui target
 

 

TRIASINFO, JAKARTA – Dalam kapasitas sebagai tamu undangan kehormatan dan warga Tapanuli bagian selatan (Tabagsel) di perantauan, Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan saran Pertanian (Dirjen PSP) Kementerian Pertanian (Kementan), Ali Jamil Harahap, Ph.D menghadiri acara pengukuhan pengurus DPP Parsadaan Alumni Pelajar Padangsidempuan dan Sekitarnya (PAPPSI) yang berlangsung di Golden Boutique Hotel, Jakarta Pusat, pada Minggu 30 Juli 2023.

PAPPSI meliputi Tabagsel: Tapsel, Padangsidempuan, Madina, Paluta dan Palas di wilayah Sumatera Utara (Sumut).

Serius tapi santai. Para tokoh asal Paluta ini tampak berbincang hangat pada acara pengukuhan PAPPSI di Golden Boutique Hotel, Jakpus (30/7). Dari kiri, Dr. Kiman Siregar, Ali Jamil Harahap, Hamsir Siregar, dan Rustam Siregar bersepakat dan bertekad menyatu untuk Tabagsel lebih maju.

Dalam kesempatan acara itu, Ali Jamil Harahap berkenan didaulat untuk menyampaikan pidatonya. Dengan bahasa gamblang alias mudah dicerna, Ali Jamil Harahap, membeberkan sejumlah hal positif yang telah dicapai oleh Kementan.

Berpijak pada data BPS, ia mengungkapkan kinerja gemilang sektor pertanian pada saat pandemi Covid-19. Disebut gemilang karena saat pandemi Corona 19, mayoritas sektor mengalami kelimpungan. Sebaliknya, kata Ali Jamil, sektor pertanian justru mampu eksis bergerak maju dan produktif.

Ali Jamil tak sekadar berucap, tetapi menyodorkan data pada layar. Dia menyebutkan indikatornya, produk pertanian tumbuh pesat yang berorientasi ekspor sekitar Rp 650 triliun.

Ali Jamil juga membanggakan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) sektor pertanian yang bisa melampai target. Ia menyebut contoh, dana KUR sebesar Rp 90 triliun menjadi target tahun 2022 untuk disalurkan namun pencapaiannya justru melampaui target tersebut yakni sebesar Rp 113 triliun.

Karena itu, Ali Jamil mengajak petani milenial untuk terus memacu produksi dan mutu pertanian karena terbukti mendatangkan kesejahteraan. Apalagi smart farming membuat sektor pertanian menjadi pilihan terhormat dan bermartabat.

Pada bagian lain, Ali Jamil mengungkapkan, kinerja bagus Kementan dalam menghadapi dampak El-Nino terhadap pertanian Indonesia.

“Inshaa Allah El-Nino tidak berpengaruh besar untuk produksi dan produktivitas sektor pertanian Indonesia sehingga penyediaan pangan bagi bangsa besar ke-4 di dunia ini bisa aman,” cetus Ali Jamil.

Ali Jamil Harahap, Ph.D juga mencurahkan segala perhatian untuk kemajuan pertanian di wilayah Tabagsel. Pada acara pengukuhan pengurus PAPPSI itu, Ali Jamil mengajak kalangan PAPPSI untuk menyebarkan dan melaksanakan smart farming di wilayah tersebut. TRIAS/Erman

 

ali jamil harahap  dirjen psp kementan smart farming   pengukuhan PAPPSI

Bagikan Artikel Ini