Nasdem UMKM Trade Show (NUTS), Kepedulian pada Pelaku UMKM di Indonesia

Habib Mohsen Hasan AlHinduan Ketua Dewan Penasehat Gerakan Restorasi Pedagang UMKM (GARPU) Partai Nasdem

nasional

Nasdem UMKM Trade Show (NUTS), Kepedulian pada Pelaku UMKM di Indonesia

Dalam rangka ulang tahun ke-11, Partai NasDem menyelenggarakan acara bertajuk ‘Nasdem UMKM Trade Show (NUTS)’ selama tiga hari di JCC, Jakarta, 9-11 November 2022 secara gratis.
 

Oleh Habib Mohsen Hasan AlHinduan

Ketua Dewan Penasehat Gerakan Restorasi Pedagang UMKM (GARPU) Partai Nasdem

Peserta pameran UMKM yang ditujukan untuk meningkatkan ketahanan ekonomi, pangan serta budaya Indonesia ini diikuti oleh 300 pelaku pedagang UMKM dari berbagai daerah di Indonesia yang menampilkan aneka produk yang bertaraf ekspor seperti kerajinan batik tulis, kopi, mebel, berlian dan lain lain. Banyak sekali produk UMKM yang menyita perhatian pengunjung.

Terobosan dan usaha yang mulia ini mendapat apresiasi oleh masyarakat umum.  Dan sungguh sangat membanggakan juga bahwa acara pembukaan NUTS berlangsung sangat meriah dan dihadiri oleh banyak duta besar dan atase perdagangan perwakilan negara-negara sahabat seperti USA, Eropa, China, Singapore, Uni Emirat Arab (UEA), Mesir, Malaysia, Brunei, kerajaan Arab Saudi dan lain lain.

Sebagai informasi, Nasdem sudah memiliki banyak sekali UMKM binaan di seluruh Indonesia di bawah ampuan organisasi sayap partai seperti Garnita dan Garpu. Garpu  bahkan sudah mengembangkan sayapnya hingga ke Kerajaan Arab Saudi dan akan menyusul membuka perwakilan di Mesir, UEA (Dubai), Kuwait dan Oman.

Nasdem selalu bersama pemerintah membantu dan mensukseskan program pemberdayaan ekonomi dan peningkatan kualitas SDM para pelaku UMKM agar derajat kehidupan mereka bisa bangkit dan maju naik kelas.

Disadari bahwa kita relatif tertinggal dibandingkan negara tetangga seperti Vietnam, Kamboja, Thailand, dan China namun kondisi itu jangan sampai mengendorkan semangat kerja untuk membangkitkan derajat para pedagang UMKM. Mereka harus dimotivasi dan didukung agar tampil berani untuk maju bangkit dan berkompetisi dengan negara-negara tetangga di dunia internasional.

Nasdem telah mewadahi para pedagang UMKM Indonesia dan memfasilitasi mereka agar semakin berkembang dengan produk-produk berkualitas dan berkualifikasi ekspor memenuhi kebutuhan masyarakat dunia.

Alhamdulillah, belum lama ini, langkah nyata ditempuh Nasdem dengan mendeklarasikan Garpu perwakilan Kota Mekkah sebagai pusat perdagangan dunia dan sangat strategis untuk memasarkan produk-produk UMKM Indonesia. Sekaligus mengundang para investor dari negeri itu untuk mengunjungi Indonesia agar mau berinvestasi dan mengembangkan para pedagang UMKM di Indonesia. Nasdem berkeyakinan, kerja keras, kerja cerdas, serta didukung tekad kuat untuk maju, ikhtiar memajukan UMKM Indonesia akan sukses.

Keseriusan Partai Nasdem terhadap perkembangan para pedagang UMKM di Indonesia dilakukan lewat cara pendampingan. Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel, saat memberikan sambutan di pembukaan NasDem UMKM Trade Show (NUTS).

“Partai NasDem berkomitmen mendukung UMKM agar mampu berkembang dan tumbuh, karena memiliki peran penting bagi peningkatan ekonomi Indonesia,” demikian ujar Rachmat Gobel.

Legislator asal Gorontalo ini menekankan juga bahwa sebagai kader Partai NasDem,  para anggota dewan di lembaga legislatif baik pusat maupun daerah telah memperjuangkan arah kebijakan dan program-program yang berpihak untuk pengembangan UMKM baik melalui dukungan anggaran, pengawasan maupun legislasi.

Penulis sendiri selaku Ketua Dewan Penasehat Gerakan Restorasi Pedagang UMKM (GARPU) Partai Nasdem ikut serta mencari relasi dan hubungan luar negeri dan mengajak para investor terutama dari Timur Tengah untuk berkunjung ke Indonesia dan menyaksikan langsung dan beraudensi dengan para pedagang UMKM di Indonesia.

 

Terakhir, Allah SWT tidak akan mensupport hambanya yang hanya memiliki impian tanpa perencanaan jelas. Allah SWT akan mensupport hamba-Nya yang memiliki itikad untuk mengubah nasibnya dengan bekerja keras dan cerdas serta ditopang spirit saling tolong menolong.

Disebutkan dalam al-Quran, sesungguhnya Allah SWT tidak akan mengubah nasib sekelompok orang, sehingga mereka berusaha mengubahnya sendiri.

Menurut sejarahwan, Rasulullah SAW berdagang hingga berusia 37 tahun. Jika kita hitung, beliau mulai berdagang di usia 12 tahun hingga 37 tahun berarti Rasululah SAW telah berdagang selama 25 tahun. Jumlah tersebut lebih banyak dari masa tugas kenabian yang hanya 23 tahun.

Pada masa itu, sosok Rasulullah Muhammad SAW dikenal sebagai wirausahawan yang sukses dan seorang entrepreneur sejati. Keteladanan beliau dalam berdagang menjadi contoh para sahabat dalam berwirausaha. Rasulullah menumbuhkan jiwa entrepreneur sejak beliau berusia 8 tahun.

Partai NasDem di bawah komando Bapak Surya Paloh yang juga sebagai pelaku UMKM di masa mudanya terus mendorong agar eksistensi UMKM yang ada dapat naik kelas dan semakin maju mengembangkan cakupan pasarnya. NasDem berkomitmen untuk memajukan UMKM Dalam Negeri untuk bisa menembus pasar ekspor, agar dapat meningkatkan pemasukan bagi devisa negara.

NasDem juga ingin turut serta dalam mengembangkan budaya nasional melalui produk-produk UMKM, karena Indonesia merupakan negara yang kaya akan nilai-nilai budaya, yang dapat dikembangkan seperti produk kerajinan, produk batik, produk herbal, dan lain-lain.

 

garpu  nasdem  umkm Nasdem UMKM Trade Show NUTS

Bagikan Artikel Ini